Sugianto Sabran

Politikus PDIP
+++++
Jumat, 23/01/2015 16:51 WIB

Ini Sugianto Sabran, Politikus PDIP yang Melaporkan BW ke Polisi

Ahmad Toriq – detikNews
Sugianto Sabran (twitter)

Jakarta – Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap Bareskrim Polri atas laporan Sugianto Sabran, eks calon Bupati Kotawaringin Barat yang kalah di Mahkamah Konstitusi. Siapa sebenarnya Sugianto?

Sugianto adalah politikus PDIP yang pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014. Wajahnya sempat mondar-mandir muncul di infotainment saat pernikahannya dengan artis Ussy Sulistiyowati berakhir.

Di Kotawaringin, Sugianto dikenal sebagai pengusaha lokal yang sukses. Terkait usahanya dia pernah terjerat kasus illegal logging di awal tahun 2006.

Tahun 2009, Sugianto maju sebagai caleg DPR RI 2009-2014. Dia maju lewat PDIP. Di DPR, Sugianto duduk di Komisi IV DPR yang mengurusi masalah kehutanan, pertanian, pangan.

Pada 2010, Sugianto maju di Pemilukada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berpasangan dengan Eko Soemarno. Hanya ada dua pasang calon di pemilukada itu. Lawan Sugianto saat itu adalah Bupati incumbent Ujang Iskandar yang berpasangan dengan Bambang Purwanto.

Sugianto memenangkan pemungutan suara Bupati Kotawaringin pada Juni 2010. Namun kemenangannya digugat oleh Ujang Iskandar ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ujang menggandeng Bambang Widjojanto sebagai pengacara.

Setelah melalui proses pengadilan, MK lalu menganulir kemenangan Sugianto dan memenangkan Ujang. Setelah proses pengadilan di MK selesai, kubu Sugianto melaporkan seorang saksi bernama Ratna atas tuduhan keterangan palsu. Ratna divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, lalu dipenjara selama 5 bulan.

Kelanjutan kasus Ratna itulah yang dijadikan dasar oleh Polri untuk menangkap Bambang Widjojanto. Bambang dianggap mengarahkan Ratna untuk memberi kesaksian palsu. Ujang sudah membantah anggapan itu. Dia menegaskan Ratna tak terkait dengan Bambang.

Kembali ke Sugianto, setelah gagal jadi Bupati Kotawaringin Barat, dia lalu mencalonkan diri menjadi caleg di Pemilu 2014, masih dari PDIP. Sugianto dapat nomor urut 4 dan berhasil kembali masuk Senayan. Dia kini duduk di Komisi III, yang mengurusi masalah hukum.

Sugianto sudah coba dihubungi. Namun mesin penjawab mengatakan nomor miliknya sedang memblokir semua panggilan.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: