Susi Pudjiastuti

LSM Nelayan Tak Soal Menteri Susi Lulusan SMP

LSM Nelayan Tak Soal Menteri Susi Lulusan SMP  

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di halaman Istana Merdeka, Jakarta, 26 Oktober 2014. TEMPO/Subekti

 

TEMPO.CO, Jakarta – Pengurus Himpunan Nelayan DI Yogyakarta tidak mempermasalahkan latar belakang pendidikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang hanya tamat sekolah menengah pertama.

Wong yang profesor saja selama ini juga kerja tak becus,” kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Gunung Kidul Rujimanto kepada Tempo, Senin, 27 Oktober 2014.

Himpunan nelayan menilai indikator utama seseorang layak menjadi menteri untuk era kini orang berpengalaman, jujur, dan berani. Bukan soal ijazah dan gelar yang utama.

“Yang penting orang itu mau turun ke bawah, tahu persoalan nelayan di lapangan mulai harga ikan sampai sarananya.” (Baca: Ekspresi Riang Rini dan Susi Jadi Menteri Jokowi)

Himpunan nelayan Gunung Kidul mengaku tidak begitu mengetahui siapa sosok Susi, yang selama ini disebut sebagai bos PT ASI Pudjiastuti Aviation, yang disingkat Susi Air itu. Meski namanya melambung sebagai pengusaha dan pengepul ikan, nelayan Gunung Kidul tidak pernah berinteraksi langsung dengan Susi.

“Kami berharap dia segera bekerja saja sambil mengenal para nelayan di daerah dan tahu kendala yang dihadapi,” kata Rujimanto. (Baca: Jokowi Minta Menteri Ini Berlari Saat Dipanggil)

Rujimanto mengatakan selama ini nelayan dihadapkan pada persoalan pelik ibarat terjebak lingkaran setan. Misalnya rendahnya harga tangkapan akibat masih dikuasainya pasar ikan oleh satu dua pengepul saja.

“Nelayan tak bisa menentukan harga ikannya sendiri,” kata dia. Sedangkan untuk mencari pembeli atau pasar lebih layak, nelayan pesisir selatan terkendala sarana penyimpanan yang tradisional.

“Hanya diawetkan dengan es, bukan cold storage, jadi waktu simpannya terbatas sekali. Waktu pulang melaut buru-buru dijual meski rendah harganya,” kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: