Haris Tahir

Pengusaha, Pengurus Majelis Dzikir SBY Nurussalam

 

 

Ini sejarah Rumah Polonia tempat deklarasi Prabowo-Hatta

Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi | Senin, 19 Mei 2014 11:27
37

Share

26

Tweet

72

Google+

KIRIM


Ini sejarah Rumah Polonia tempat deklarasi Prabowo-Hatta

Rumah Polonia Prabowo-Hatta. ©2014 Merdeka.com/Benny Silalahi

Merdeka.com – Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa siang ini akan melakukan Deklarasi Capres dan Cawapres di Rumah Polonia I/29, Jl Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Rumah seluas sekitar 500 m2 ini, diketahui milik Haji Harris Tahir, yang merupakan ketua umum Majelis Dzikir SBY Nurussalam.

Informasi yang dihimpun merdeka.com, sebelum dimiliki Harris Tahir, rumah besar bak istana ini dimiliki oleh politisi Demokrat Hayono Isman. Mantan menpora di era Soeharto ini menjual rumah tersebut sekira tahun 2010.

“Kira-kira tahun 2010, Pak Hayono menjual rumah ini sama Pak Harris. Dulu belum kayak gini bentuknya. Lalu di bangun sama Pak Harris,” kata Dadang seorang pedagang warung klontong, kepada merdeka.com, Senin (19/5).

Dadang mengatakan, setelah berpindah tangan kepada Harris Tahir, rumah tersebut pun langsung di bangun bak istana mewah.

“Kalau luas sih luas. Dulu sempat dibangun sama Pak Haryono. Tapi setelah itu dijual. Lalu pembangunannya diteruskan sama Pak Harris,” paparnya.

Dadang melanjutkan, setelah selesai di bangun di tahun 2012, menjelang pemilu pemilu rumah ini pun akhirnya menjadi posko kemenangan PAN, yang diserahkan kepada ketua umum Hatta Rajasa.

“Dari tahun 2013, ini sudah jadi poskonya Pak Hatta Rajasa. Foto Pak Hatta doang dulu yang ada di depan rumah. Sekarang jadi sama Pak Prabowo,” terangnya.

Meski demikian, Dadang mengaku bahwa rumah tersebut jarang ditempati oleh Harris Tahir setelah resmi dibeli olehnya.

“Pak haji (Harris) rumahnya banyak, dia pengusaha asli betawi. Jarang nempatin rumah ini,” tandasnya.

Selain Dadang, Iwan seorang loper koran yang sudah 15 tahun berkeliling di komplek mengatakan, rumah milik Haji Harris ini memang memiliki sejarah tentang Bung Karno.

“Yang saya tahu dari cerita-cerita, rumah ini dulu punya Bung Karno. Dulu bangunannya masih bangunan Belanda dan belum sebesar ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, hari ini koalisi partai Gerindra, PAN, PPP, dan PKS bakal mendeklarasikan dukungan ke Prabowo sekaligus pengumuman cawapres Prabowo pada pukul 13.00 WIB di Rumah Polonia, Jl Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Saat ini terlihat, beberapa panitia telah sibuk menyusun dekorasi panggung deklarasi yang dihiasi warna merah-putih. Rumah Polonia memang terlihat luas, di bagian belakang rumah terdapat lapangan tenis dan sebuah musala.

[gib]

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: