Imaduddin Abdulrahim

Tokoh pemikir Islam modernis dari ITB,   pendiri Masjid Salman Bandung

 

Muhammad Imaduddin Abdulrahim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cover Buku Kuliah Subuh Bang Imad

Muhammad Imaduddin Abdulrahim atau Bang Imad (lahir di Tanjung Pura, Langkat, 21 April 1931 – meninggal di Jakarta, 2 Agustus 2008pada umur 77 tahun) adalah salah satu penggagas ICMI, penggagas Bank Muamalat Indonesia, pendiri Masjid Salman ITB dan sesepuh Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung.

Bang Imad dilahirkan di sebuah kota kecil Tanjungpura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang dikenal dengan tradisi keislaman dan keulamaan yang kuat. Ia terlahir sebagai anak ke-5 dari 13 bersaudara.

Namanya populer melalui kuliah tauhidnya di Kampus ITB. Pihak Salman berinisiatif merekam dan membukukan Kuliah Subuh Bang Imad pada Ramadan 1397H/1977 di Masjid Salman ITB. Isi Kuliah Subuh ini seputar Ilmu Tauhid, Definisi Tuhan, Kepercayaan kepada Tuhan dan mentauhidkan Tuhan, Tauhid dan Kemerdekaan, Tauhid dan Ikhlas, Tauhid dan Konsekuensinya.

Gelar Doktor Filsafat Teknik Industri dan Engineering Valuation diperolehnya dari Iowa State University, Ames, Iowa, Amerika Serikat. Ia adalah penerima Bintang Mahaputra Utama dari Presiden B.J. Habibie pada tanggal 13 Agustus 2000 sebagai pakar dan guru besar dalam bidangnya.

Bang Imad meninggal dunia pada tanggal 2 Agustus 2008, pada pukul 09.15 WIB dan dimakamkan keesokan harinya di TMP Kalibata, dipimpin oleh Mensesneg Hatta Rajasa.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: