Mu’min Ali Gunawan

Banker kawakan ,pendiri Panin Bank dan ipar dari Mochtar Riyadi yang memulai karir dari usaha penyelundupan hasil bumi di Sumatra.

 

 

 

+++++++

Berikut soal sepak terjang bank Panin

Senin, 16 Januari 2012 13:45 WIB

Polri Mulai Garap Kasus Dugaan Kejahatan Perbankan Bank Panin

Helena Tan
Ilustrasi

Ilustrasi

Mu’min Ali bukanlah orang sembarangan di Panin Bank.

JAKARTA, Jaringnews.com – Masyarakat tentu belum melupakan kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan Malinda Dee kepada sejumlah nasabah Citibank hingga merugi milyaran rupiah. Nah, kali ini kepolisian Mabes Polri kembali menggarap dugaan kejahatan perbankan yang diduga melibatkan Group Bank Panin. Kasusnya kini sudah dalam tahap penyidikan.

“Mabes Polri telah mengirimkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan ke Kejaksaan Agung dengan terlapor Mu’min Ali dkk,” kata sumber Jaringnews, di Jakarta belum lama ini.

Dalam sekilas SPDP itu tidaklah terlalu istimewa karena status Mu’min Ali masih terlapor, belum tersangka. Namun bisa jadi kasus ini termasuk kategori ‘Big Fish’ karena dalam dokumen SPDP disebutkan bahwa Mu’min Ali adalah pegawai swasta Bank Panin.

Dari penelusuran yang diperoleh di berbagai media online, ternyata Mu’min Ali bukanlah orang sembarangan di Panin Bank. Meski statusnya kini di Panin Bank hanya penasehat, tapi dia adalah salah satu pendiri PT Bank Panin, hasil merger tiga bank yang terjadi pada 1971. Mu’min Ali juga Presiden Komisioner di PT Panin Insurance Tbk sejak 2000 dan Panin Securitas Tbk sejak 1991.

Kini Mu’min Ali menjabat Presiden Komisioner di PT Panin Life Tbk, dan PT Clipan Finance Indonesia. Dia juga salah satu komisioner di PT Panin Insurance dan PT Panin Securitas Tbk.

Melanjutkan keterangan sumber itu, SPDP dikirimkan dari Mabes Polri pada 16 September 2011 ke Jaksa Agung Republik Indonesia dengan nomor registrasi B/21/IX/2011/Dit Tipdiksus yang ditandatangani oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Brigjen Arif Sulistyanto.

“Dugaannya tindak pidana perbankan,” kata sumber itu.

Melanjutkan keterangannya, Mu’min Ali diduga melakukan tindak pidana perbankan pasal 49 ayat 2 ayat a dan b Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 junto Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan pasal 368 KUHP tentang Pemerasan yang diduga dilakukan oleh terlapor Mu’min Ali dkk.

(Hal / Nky)

Bank Panin Ogah Dikaitkan Dengan Mu’min Ali

Helena Tan
Ilustrasi

Ilustrasi

Humas Bank Panin menegaskan, Mu’min Ali sudah tidak lagi ada kaitan apapun dengan Bank Panin.

JAKARTA, Jaringnews.com – Polri mulai menggarap kasus dugaan kejahatan perbankan yang melibatkan Grup Bank Panin, dengan Mu’min Ali, salah satu pendiri Bank Panin, sebagai terlapor. Lalu, apa tanggapan pihak Bank Panin?

Bank Panin terkesan enggan dikait-kaitkan dengan masalah hukum yang menimpa Mu’min Ali.

Dihubungi terpisah, Wakil Direktur PT Clipan Finance Indonesia, Rosniati Shalihin enggan berkomentar soal pelaporan bosnya ke Mabes Polri.

“Kami tidak bisa memberikan tanggapan apa-apa selain yang terkait Panin Bank,” kata Roosniati yang juga Wakil Direktur Panin Bank saat dihubungi Jaringnews via telepon, Senin (16/1).

Sementara itu, Humas Bank Panin Jasman Ginting mengakui, Mu’min Ali yang dimaksud adalah pendiri Panin Bank. Namun dia menegaskan, Mu’min Ali sudah tidak lagi ada kaitan apapun dengan Bank Panin.

“Dapat kami jelaskan bahwa Pak Mu’min Ali Gunawan bukanlah pengurus atau pun karyawan Panin Bank. Karena itu, mohon tidak dikaitkan dengan Panin Bank,” katanya melalui pesan singkat.

Dijelaskannya, Panin Bank merupakan bank go public dengan ribuan pemegang saham. Oleh karen itu, lanjutnya, dia meminta agar pelaporan Mu’min Ali ke Mabes Polri tidak dikait-kaitkan dengan Panin Bank.

“Hendaknya kita lebih akurat sehingga tidak ada yang dirugikan,” tambah dia.

 

 

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: