Sutan Bhatoegana

Politikus Partai Demokrat

+++++++++++++++++++

Profil dari Harian Merdeka  :http://profil.merdeka.com/indonesia/s/sutan-bhatoegana/


Nama Lengkap : Sutan Bhatoegana

Alias : Sutan

Profesi :

Agama : Islam

Tempat Lahir : Pematang Siantar

Tanggal Lahir : Jumat, 13 September 1957

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia
Istri : Unung Rusyatie

BIOGRAFI

Sutan Bhatoegana adalah politisi dari Partai Demokrat yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR dan juga Ketua DPP Partai Demokrat. Sebelumnya, Sutan pernah menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Demokrat. Beliau dikenal sebagai pribadi yang tegas menanamkan bahwa pejabat publik seharusnya lepas dari kepartaian dan menjadi milik rakyat. Namun Sutan juga dikenal sebagai kader Partai Demokrat yang setia dari awal partai berdiri hingga saat ini.

Dalam badan DPR RI, Sutan juga anggota dari komisi VII mewakili fraksi Partai Demokrat. Komisi ini mengurusi bidang Energi, Sumber Daya Mineral, Teknologi dan Lingkungan Hidup.

Di luar dunia politik, Sutan memiliki pengalaman berorganisasi yang mumpuni, yaitu menjadi Ketua Umum Gerakan Penyelamatan Bangsa dan Tanah Air RI untuk Wilayah Jakarta Selatan, Penasehat Generasi Muda Demokrat, Ketua Umum Alumni STTNAS Yogyakarta, Sekretaris Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ORSAT Cilacap, Jawa tengah; Ketua Umum Batak Islam Cilacap, Jawa Tengah; dan pernah menjabat sebagai Kasie II Yon V Mahakarta ATN Yogyakarta.

Untuk langkah ke depan, Sutan Bhatoegana telah menyatakan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Utara. Sutan yang memang putera daerah dari Pematang Siantar akan kembali ke Sumatera Utara untuk memajukan daerah tersebut. Pemilihan Kepala Daerah Sumut sendiri baru akan dilaksanakan pada bulan Maret 2013.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

PENDIDIKAN
  • SDN 12 Padang Sidempuan (1970)
  • STN 1 Pematang Siantar (1973)
  • STM I Medan (1976)
  • Akademi ATN Yogyakarta (1982)
  • STIE Jakarta (1996)
  • STT NAS Yogyakarta (1997)
  • Master degree, STIM-J Jakarta (2004)
KARIR
  • Anggota DPR RI Komisi VII (2009)
  • Anggota DPR RI (2004)
  • Vice President PT. Timas Suplindo (Jkt)
  • Managing Director PT. Delta Matra Teknik
  • Managing Director PT. Mahkota Agung Pratama
  • Komisaris PT. Browindo Binanusa (Jkt)
  • Direktur Operasi PT. Andaru Puspita (Indramayu)
  • Site Manager, General Manager – PT. Teras Teknik Perdana Jakarta

+++++++++++++

Jum’at, 24 Januari 2014 | 08:37 WIB

Harga Rumah Mewah Sutan Ditaksir Rp 15 Miliar
Rumah Sutan Bhatoegana di Vila Duta, Kelurahan Baranangsiang, Bogor. TEMPO/Sidik Permana

TEMPO.CO, Bogor – Rumah mewah Ketua Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat Sutan Bhatoegana diperkirakan bernilai lebih dari Rp 15 miliar. Nilai aset Sutan itu berdasarkan taksiran Mizwar, salah seorang warga di perumahan elite Vila Duta Jalan Sipatahunan 26, RT 08/14, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, kepada Tempo, Kamis, 23 Januari 2014.

Menurut Mizwar, harga tanah di lokasi ini mencapai Rp 10 juta juta per meter persegi. Sedangkan luas tanah yang di atasnya berdiri rumah mewah Sutan Bhatoegana, kata Mizwar, sekitar 1.000 meter persegi. “Bila dihitung nilai tanah tanpa bangunan sebesar Rp 15 miliar,” ujar dia.

“Saya tinggal di sini sejak 1992. Harga tanah semeter Rp 7 juta, tapi sekarang bisa mencapai Rp 10 juta per meter,” kata dia.

Berdasarkan informasi, saat berdirinya rumah berkonsep Mediteranina dengan dinding berwarna abu-abu, Sutan sempat mengadakan acara selamatan di rumah barunya. Acara itu dihadiri para pejabat pemerintah, pejabat tinggi negara, hingga warga kompleks elite Villa Duta.

Rumah mewah Sutan pernah digeledah tim Komisi Pemberantasan Korupsi pada Kamis, 16 Januari 2014. Penggeledahan itu terkait temuan uang dolar Amerika Serikat di brankas Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno serta dana tunjangan hari raya buat anggota Komisi VII DPR dari SKK Migas.

Pada hari yang sama dengan penggeledahan itu, Waryono–yang kini sudah pensiun–ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK. Dia disangka terlibat dalam kasus suap Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Tunjangan Hari Raya Dewan.

M SIDIK PERMANA

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: