M Rahmad

Mantan Pengurus Partai Demokrat
Loyalis Anas Urbaningrum

+++++++++++++++++++
Minggu, 20/10/2013 10:13 WIB
Siapa M Rahmad, Loyalis Anas yang Sebar Kabar Prof Subur Dijemput BIN?
Elvan Dany Sutrisno – detikNews
Halaman 1 dari 2

M Rahmad
Jakarta – Badan Intelijen Negara (BIN) menegaskan BIN tidak menjemput Ketua Umum Partai Demokrat Subur Budhisantoso. Siapakah sebenarnya M Rahmad, loyalis Anas yang menyebar kabar tersebut?

Rahmad yang merupakan eks Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat itu adalah moderator dalam acara Diskusi Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) di kediaman Anas Urbaningrum di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (18/10). Dalam diskusi itu dia menyampaikan bahwa Prof Subur yang sedianya menjadi pembicara tidak hadir karena dijemput BIN.

Diskusi itu sendiri bertema ‘Dinasti Versus Meritokrasi Politik’. Sebagai pembicara dalam diskusi itu Anas Urbaningrum, Chusnul Mariyah, dan Prof Subur Budisantoso. Namun Subur tak hadir.

M Rahmad dikenal sebagai orang dekat eks Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. Bahkan saat Anas memutuskan berhenti dari jabatan Ketua Umum PD karena jadi tersangka kasus korupsi, M Rahmad pun ikut mundur. Saking setianya, Rahmad juga pernah diperiksa KPK sebagai saksi kasus Hambalang yang melibatkan Anas.

Nama lengkap M Rahmad adalah Muhammad Rahmad, lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 5 Januari 1973. Rahmad menikah dengan Elyn Hastriana dan dikaruniai dua orang anak, Muhammad Nabeel Rizkee dan Alisha Jehan Fathia.

Pendidikan S1-nya adalah Ilmu Perbankan Syariah di Institut Islam Negeri Imam Bonjol, Padang. Kemudian melanjutkan studi S2 Magister Manajemen Pemasaran di Universitas Krisnadwipayana Jakarta dan Master of Information Technology Management di University of Wollongong, Australia. Gelar S3-nya diperoleh di University of Malaya, jurusan Manajemen Teknologi Informasi.

Semasa kuliah dia dikenal aktif di organisasi intra kampus. M Rahmad juga pernah menjadi wartawan di sejumlah media cetak ternama di daerah dan pusat. M Rahmad kemudian meniti karier di kedutaan besar Republik Indonesia, dia pernah ditempatkan di Atase Perdagangan dan Perindustrian, Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Sandi, kemudian di Bidang Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Pariwisata
Dalam biodata penulis di buku karya Rahmad yang berjudul ‘Apa Adanya: Catatan Harian tentang Anas Urbaningrum’, Rahmad disebut beberapa kali terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk pertemuan di berbagai level ASEAN, APEC, dan WTO. Pernah pula bekerja dengan Dino Patti Djalal dan bertugas mengetik pidato Presiden SBY. Rahmad juga pernah menjadi anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri tahun 1999 dan 2004.

Dia kemudian mengundurkan diri dari KBRI Singapura setelah berkarier selama 16 tahun. Kemudian memutuskan menjadi Tenaga Ahli Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum di DPR sejak November 2009. Pada Kongres Partai Demokrat di Bandng, Rahmad mendampingi Anas keliling Indonesia untuk kampanye pemilihan ketua umum. Pasca terpilihnya Anas menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, dia ditunjuk jadi Wakil Direktur Eksekutif di PD. M Rahmad masih setia bersama Anas sampai saat ini.

Saat ini, untuk menopang kehidupannya bersama keluarga di Jakarta, ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang keagenan dan distributor alat industri. Dia mengaku memanfaatkan jaringan yang sudah ia bangun selama 16 tahun lebih di luar negeri, perusahaan yang dipimpinannya sudah mengageni 30 lebih merek dunia.

Kini setelah tudingannya terhadap BIN menyebar, M Rahmad menghilang. Rahmad yang mengaku sedang bersembunyi tak bisa dihubungi lagi. Sementara Kepala BIN Marciano Norman menuntut Rahmad mempertanggungjawabkan perbuatannya dan meminta maaf ke publik. BIN juga membuka peluang menyeret Rahmad ke jalur hukum. Lalu di mana kini M Rahmad?

++++++++++

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: