Ramly Araby

pengusaha ( tukang tipu)

+++++++++++++++

Kasus Investasi Bodong: PT QISAR

 

KoranTempo – Presiden Direktur PT Qisar Divonis Delapan Tahun Penjara

Jumat, 1 Agustus 2003.
Presiden Direktur PT Qisar Divonis Delapan Tahun PenjaraSUKABUMI -Majelis hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Sukabumi dalam persidangan kemarin memvonis Presiden Direktur PT Kurnia Subur Alam Raya (Qisar), HM Ramli Araby delapan tahun penjara. Pengusaha agribisnis ini juga diwajibkan membayar denda Rp 10 miliar atau dikenakan hukuman enam bulan penjara bila tidak memenuhi kewajibannya.

Selain harus menjalani hukuman di penjara dan membayar denda, majelis hakim yang diketuai Jesinta Daniel juga menyatakan sejumlah kendaraan dan surat tanah yang dijadikan barang bukti dalam perkara ini dikembalikan kepada para investor.

Terdakwa Ramli tampak tenang mendengarkan putusan majelis hakim itu. Meski vonis itu lebih ringan enam tahun dibandingkan tuntutan jaksa, namun tim pengacara terdakwa langsung menyatakan banding. Sedangkan jaksa penuntut umum Fachrudin Siregar dan Jamaludin Basya tidak memberi tanggapan atas vonis itu. Basya justru memuji majelis hakim yang menggunakan Undang-Undang perbankan dalam memperkarakan kasus seperti ini. “Ini termaksud berani dan sah,” kata dia.

Sidang ini mendapat perhatian dari puluhan investor dari berbagai daerah. Mereka datang sejak pagi bahkan beberapa di antara investor itu menginap di Sukabumi. Ramli tiba di gedung Pengadilan Negeri Cibadak pukul 10.00 WIB dengan pengawalan ketat satu mobil patroli dan satu truk pasukan pengendalian massa.

Bersamaan dengan kedatangan Ramli, ratusan para petani yang pernah bekerja di PT Qisar mendatangi pengadilan. Mereka ingin mengetahui vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim. Namun Ketua Forum Komunikasi Investor PT Qisar, H.M. Soekotjo, menolak mengomentari apapun vonis majelis hakim. Namun beberapa investor yang ditemui seusai sidang lebih menginginkan uang yang mereka tanam di perusahaan itu dikembalikan dengan utuh.

Ramli dimajukan ke pengadilan karena tidak dapat mempertanggungjawabkan dana ribuan investor yang ditanam di PT. Qisar. Berulang kali dia berjanji melunasi kewajibannya, namun tak kunjung ada realisasinya. Total investasi di PT Qisar mencapai Rp 480 miliar. defan purnama

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: