Waris

Namanya singkat, Waris. Dia adalah mantan Panglima Kodam Jakarta Raya yang kini menjadi Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dengan pangkat letnan Jenderal.

Waris merupakan Pangdam Jaya ke-26 yang bertugas dari tahun 2011-2012. Sebelumnya, pria kelahiran Malang, Jawa Timur itu pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Brigjen TNI Waris yang merupakan lulusan Akabri 1981 itu, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya, Wakil Komandan Yonif 507/BS Kodam V/Brw, Kasdim 0809/Kediri Rem 082/CPY, Danyonif 315/Rem 061/SK Dam III/Slw. Waris juga sempat bertugas sebagai Komandan Satuan Protokol Paspampres, Dansatpam Grup Paspampres, Danyon Pam Grup B Paspampres.

Meski menjadi perwira tinggi dengan bintang di pundaknya, selama menjadi Pangdam Jaya, Waris dikenal dengan gayanya yang ceplas-ceplos.

Saat aksi geng motor meresahkan warga Jakarta, Waris yang tampil garang dengan kumisnya mengatakan, pernah mengadu kepada Presiden SBY. “Saya dipanggil Presiden ke Cikeas bersama Kapolda. Di sana saya bilang ke Presiden, mohon maaf saya belum mampu memenuhi keinginan senior saya yang ekstrem,” tukasnya.

Menurutnya, jika ada sikap pemimpin yang mendukung penyerangan geng motor itu maka tidak pantas bila disebut senior. “Saya bicara lantang karena saya siap dipecat. Saya orang Damar Wulan, saya orang desa, biasa hidup susah,” tegasnya

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: