Gita Wirjawan

Posisi sekarang : Menteri Perdagangan
Pendiri : Ancora Capital

Kemungkinan dicalonkan sebagai Presiden

++++
Bio dari wiki
Gita Wirjawan (lahir di Jakarta, 21 September 1965; umur 47 tahun[1]) adalah pengusaha asal Indonesia[1]. Nama lengkapnya Gita Irawan Wirjawan, putra dari pasangan Wirjawan Djojosoegito (almarhum) dan Paula Warokka Wirjawan[2]. Pada 2008, ia mendirikan perusahaan Ancora Capital (tempo), perusahaan investasi di bidang sumber daya dan pertambangan.[rujukan?] Ia mendirikan perusahaan tersebut setelah ia memutuskan mundur dari kursi Presiden Direktur JP Morgan Indonesia yang ia jabat 2006-2008[2].
Kesuksesannya dalam mengelola perusahaan berbekal kekuatan relasi yang ia bangun sejak kuliah di Harvard[2]. Ancora Capital sendiri berfokus pada investasi di sektor energi dan sumber daya alam[3]. Kesuksesan Gita dalam mengelola perusahannya dibuktikan ketika dalam hitungan bulan, Ancora berhasil mengambil alih sebagian saham beberapa perusahaan besar seperti PT Bumi Resources Tbk, Selain itu, ia juga merupakan salah satu komisaris PT Pertamina[3]. Pada tanggal 18 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Gita Wirjawan diangkat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu.
Daftar isi [sembunyikan]
1 Karier dan Kehidupan
1.1 Jazz dan golf
1.2 Ancora Foundation
1.3 Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
2 Pemikiran
3 Referensi
Karier dan Kehidupan [sunting]

Gita menempuh pendidikan S-1 di University of Texas Amerika Serikat. Ia menyelesaikan kuliah S-2 pertamanya di Baylor University, pada 1989. Ia mengambil jurusan administrasi bisnis. Selepas kuliah, ia memulai keriernya dengan bekerja di Citibank[1]. Pada 1999, dia mengambil kuliah S-2 jurusan public administration (administrasi Publik) di Harvard University dan lulus pada 2000 [1]. Selesai S-2, ia bekerja di Goldman Sachs Singapura, sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman[4]. Gita bekerja di sana hingga 2004.[rujukan?] Tahun berikutnya dia pindah ke ST Telekomunikasi sampai 2006 juga di Singapura, Gita kemudian bekerja di JP morgan Indonesia sebagai direktur utama[5]. Gita menjadi direktur di sana 2006-2008[5].
Gita mundur dari JP Morgan pada April 2008 dan mendirikan Ancora Capital.Perusahaan barunya ini berfokus pada investasi di sektor energi dan sumber daya alam[1]. Di Ancora, Gita membuktikan kepiawaian dalam mengelola perusahaan yang bergerak di bidang financial.[rujukan?] Dalam hitungan bulan, perusahaan ini mengambil alih sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, perusahaan properti di Jakarta, dan sebuah perusahaan properti di Bali[1]. Keberhasilan Gita memimpin Ancora adalah berkat banyak mengandalkan koneksinya saat kuliah di Harvard[2].

++++++++++++++
Siap Siap Nyapres Gita Ambil Alih Jurnal Nasional
Selasa, 14 Mei 2013 – 13:32:11 WIB
Siap Siap Nyapres Gita Ambil Alih Jurnal Nasional
Penulis : http://www.asatunews.com
Kategori: MENUJU RI-1 2014 – Dibaca: 215 kali
Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print More
Sharing Services 1

beritasatunews.com – Kabar mengejutkan datang dari menteri perdagangan Gita
Wirjawan yang juga sudah siap maju sebagai calon presiden di Pemilu 2014
yang akan datang disebut-sebut mengambil alih PT Media Nusa Pradana yang
merupakan penerbit surat kabar Jurnal Nasional (Jurnas).

“Proses peralihan, Gita ambil alih. Sudah berlangsung dua bulan lalu,”
ujar sumber asatunews.com di Jakarta, Selasa (14/5).

Dia menuturkan, setelah Gita masuk, terjadi pergantian di pucuk pimpinan
perusahaan. Gita menempatkan dua orang kepercayaannya di jajaran
petinggi perusahaan.

Direktur PT Media Nusa Pradana saat ini dipegang oleh Marwan Hanif.
Sementara salah satu komisarisnya adalah Maksum Toha. “Orangnya Gita
dua-duanya,” jelasnya
http://www.beritasatunews.com/berita-1904-siap-siap-nyapres-gita-ambil-alih-jurnal-nasional.html

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: