Elda Devianne Adiningrat

Pengusaha daging , komisaris PT Radina Niaga, pemasok benih jagung hibrida.

Dia diduga memasok mobil Land Cruiser untuk petinggi PKS

+++++++++++++++

 

Luthfi Diduga Terima Land Cruiser dari Elda

TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi S.P., mengatakan Komisi tidak asal cegah terhadap Elda Devianne Adiningrat. Menurut dia, penyidik telah mengantongi bukti bahwa Komisaris PT Radina Niaga, perusahaan pemasok benih jagung hibrida, tersebut mengetahui kasus rasuah yang sedang diusut KPK.

“Penyidik membutuhkan keterangannya. Sehingga dia dicegah agar sewaktu-waktu dimintai keterangan sebagai saksi, yang bersangkutan sedang tidak berada di luar negeri,” kata Johan, Ahad, 3 Februari 2013.

Johan mengatakan seseorang yang dicegah sudah kuat bakal diperiksa sebagai saksi oleh penyidik. “Ketika dia sebagai saksi, bisa saja dia mengetahui, mendengar atau melihat mengenai sesuatu yang sedang diusut oleh KPK,” kata Johan.

Komisi mencegah Elda bersamaan dengan penetapan tersangka Luthfi Hasan Ishak dalam kasus  dugaan suap izin impor daging sapi. Penetapan tersangka mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini setelah operasi tangkap tangan terhadap Ahmad Fathanah di Hotel Le Meridien, pada Selasa malam pekan lalu.

Fathanah diduga sebagai pengatur duit masuk-keluar untuk Luthfi, ditangkap karena menerima suap Rp 1 miliar dari Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi —keduanya petinggi PT Indoguna Utama, perusahaan impor daging sapi. Ketiganya pun dijadikan tersangka.

Sumber Tempo menyebutkan, di samping izin impor daging sapi, Luthfi diduga juga menjangkau bidang lain. Ia diketahui berkomunikasi dengan Elda. Menurut seorang sumber, Elda pernah bertanya, “Apakah Land Cruisernya enak dibawa keliling Sumatera?”

Para penguntit menduga Elda telah memberikan mobil. Walhasil, mantan Ketua Umum Asosiasi Perbenihan Indonesia itu dicegah ke luar negeri selama enam bulan kedepan.

Adapun Elda belum bisa dimintai konfirmasi. Dihubungi melalui telepon seluler dan dikirimi pertanyaan melalui pesan singkat tak ada respons. Tempo sempat menyambangi Elda ke rumahnya pada Kamis lalu.

Rachman, pria paruh baya yang mengaku sebagai ayah Elda, mengatakan anaknya tak berhubungan dengan kasus suap impor daging. ”Anak saya tak ada sangkut-pautnya dengan Luthfi,” kata Rachman.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: