Benny Subianto

masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dan indonesia versi Forbes

++++++++++
cuplikan profile dari Detik com dan dari situs orangterkayaindonesia.com

Benny Subianto juga merupakan salah satu dari 200 orang penyumbang pajak terbesar. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai wakil direktur utama PT ASTRA International Tbk. Saat ini, alumini ITB ini memegang saham di Adaro Energy. Jika ditotal maka kekayaan beliau sekitar $1 milyar atau sekitar 9 triliun rupiah. Tentunya proses ini tidak begitu saja beliau lalui. Jika menengok kebelakang beliau pun memiliki berbagai bisnis dan investasi yang cukup menjanjikan. Contohnya, beliau merupakan mantan direktur utama PT. United Tractors, Tbk. Disamping itu, beliau juga pernah mengelola bisnis minyak sawit.

++++++++++++

Oom William Sang Pendiri Astra, Pencetak Orang-orang Kaya di Dunia
Suhendra – detikfinance
Jumat, 21/12/2012 12:17 WIB

Buku Man of Honor
Jakarta – Pendiri Astra William Soeryadjaya yang biasa disapa Oom Wiliam bisa dibilang sebagai bapak entrepreneur Indonesia. Melalui dirinya banyak lahir pengusaha-pengusaha papan atas bahkan tak sedikit yang masuk daftar Forbes sebagai orang terkaya di dunia.

Para pengusaha-pengusaha yang ia lahirkan bukan hanya dari orang-orang di luar lingkaran Grup Astra. Namun banyak juga yang lahir dari para manta anak buahnya yang sukses berbisnis setelah pensiun.

Dalam buku ‘Man of Honor Kehidupan, Semangat dan dan Kearifan William Soeryadjaya’ disebutkan banyak profesional Astra pada generasi pertama tahun 1960-an, generasi kedua era tahun 1970-an banyak yang menjad pengusaha sukses setelah keluar dari Astra.

Misalnya Benny Subianto, karirnya di Astra telah membawanya menjadi 14 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2011. Kekayaan Benny mencapai US$ 1,05 miliar atau sekitar Rp 9 triliun, dengan posisi jadi orang terkaya ke-1.140 di dunia.

Karir Benny di Astra dimulai dari United Tractors hingga menjadi dirut, ia juga pernah di Astra International Tbk. Kiprah bisnisnya dimulai ketika ia pensiun dari Astra, ia bersama Garibaldi Tohir, Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Uno mendirikan PT Adaro Energy Tbk di bidang batubara. Benny juga pendiri dan Presdir PT Persada Capital Investama.

“Wah kalau dia sih orang Madura terkaya sedunia,” ujar William bercanda saat Benny masih menjadi karyawan di Astra dikutip dari buku Man of Honor.

Ternyata banyolan Oom William, menjadi kenyataan setelah 30 tahun berikutnya. Kenyataan ini ada anggapan bahwa William bukan hanya piawai dalam berbisnis namun juga pandai meramal nasib orang lain.

Hal yang sama pun terjadi dengan Teddy P Rachmat, senior Benny di Astra ini sempat dinobatkan sebagai orang terkaya ke-11 di Indonesia versi Forbes 2011. Teddy memiliki kekayaan hingga US$ 1,3 miliar.

Teddy setelah pensiun dari Astra, mendirikan Grup Triputra menjalankan bisnis batubara, agroindustri, manufaktur, dan dealership motor.

Lain cerita dengan Edwin Soeryadjaya, putra Oom William ini juga seorang yang juga masuk daftar orang terkaya versi Forbes. Edwin punya kekayaan US$ 1,6 miliar, peringkat orang terkaya ke-6 di Indonesia versi Forbes 2011.

Dalam buku itu juga disebutkan masih ada nama-nama mantan ‘anak buah’ Oom William yang sukses menjadi pengusaha, antaralain Teddy Tohir, Subagio Wirjoatmodjo, Hagianto Kumala, Budi Setiadharma, Tigran, Budi S. Pranoto, Danny Walla, Tossin Himawan, Rahadi Santoso, Charlo Mamora.

“Beliau memiliki sifat kebapakan dan mengayomi, serta membantu karyawannya untuk sukses,” kata Benny Subianto.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: