Max Sopacua

Pengurus DPP Demokrat

+++++
KPK Pertimbangkan Usut Max Sopacua dalam Kasus Korupsi Rontgen
Minggu, 19 Juni 2011 | 19:02 WIB
Besar Kecil Normal

Max Sopacua. TEMPO/Dwianto Wibowo

Berita terkait
Fuad Bawazier Sebut KPK Menjelma Jadi Etalase
KPK Tunggu Inisiatif Jafar Hafsah Melapor
OC Kaligis Tolak Hadirkan Nazaruddin ke KPK
Nyanyian Nazaruddin dan Desakan Hukum Mati Koruptor
KPK Harus Memeriksa Tim Pencari Fakta Partai Demokrat

TEMPO Interaktif, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi mempertimbangkan untuk menindaklanjuti dugaan keterlibatan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua dan dua politikus Partai Golkar Asiah Salekan dan Charles Jonas Mesang, dalam kasus korupsi pengadaan rontgen portable di Departemen Kesehatan tahun 2007.

“Saya belum update lagi mengenai kasus itu,” kata Wakil Pimpinan KPK Haryono Umar, Minggu, 19 Juni 2011. “Yang jelas kalau ada informasi yang ‘lain’ di persidangan, pasti itu jadi perhatian kami.”

Seperti diketahui, dalam surat dakwaan untuk terdakwa kasus rontgen Syafii Muhammad, mantan Sekretaris Jenderal Depkes, jaksa menyebut ada aliran dana ke tiga anggota Komisi Kesehatan Dewan Perwakilan Rakyat periode 2004-2009, yakni Max, Asiah, dan Charles.

Max disebut menerima Rp 45 juta, Asiah menerima Rp 35 juta, dan Charles menerima Rp 90 juta. Duit yang diterima Max lalu digunakan untuk sebagian pembayaran mobil Honda CRV.

Dalam kasus korupsi rontgen, tiga orang sudah dipidanakan. Selain Syafii, ada pula mantan Sekjen Depkes Edi Suranto, dan Kepala Biro Umum yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Mardjono. Dalam dakwaan, Syafii disebut menerima cek pelawat senilai Rp 8,98 miliar dari Budiarto Maliang, Komisaris PT Kimia Farma, rekanan Kementerian. Duit itu kemudian dibagikan Syafii ke sejumlah orang, termasuk Max dkk.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: