Panji Gumilang

Panji Gumilang alias Abdussalam pengasuh ponpes Al Zaytun.
Konon adalah godfather tukang hipnotis NII KW9

+++++++++++++++++
Jumat, 29/04/2011 18:49 WIB
Din: Pemimpin NII KW 9 Adalah Pemimpin Ponpes Al-Zaytun
Didi Syafirdi – detikNews

Jakarta – Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyebut pemimpin Negara Islam Indonesia (NII) KW 9 adalah juga merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jabar. Din juga menyebut wali ideologis di NII KW 9 sangat dipatuhi daripada wali biologis.

“Menurut pengakuan mantan NII KW 9, pemimpinnya adalah pemimpin Al-Zaytun,” ujar Din Syamsuddin di kantor PP Muhammadiyah, Jl Cikini raya, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2011).

Din tidak menyebut nama pimpinan Al Zaytun itu, tapi sudah bukan rahasia lagi pemimpin ponpes yang sering dikunjungi pejabat negara itu adalah Abdussalam alias Panji Gumilang.

Din juga mengakui, data-data yang terkait dengan Al-Zaytun masih sangat sedikit. Dulunya, Kementerian Agama pernah mengadakan penilitian untuk mencari tahu kebenaran tentang hubungan antara NII KW 9 dengan Al Zaytun, namun sayangnya tidak ada informasi yang berarti yang didapatkan.

“Namun para pendiri pesantren ada satu, dua, tiga orang yang meyakini ada hubungan NII KW 9 dengan Al Zaytun,” jelasnya.

Din juga menyebut posisi wali ideologis di NII KW 9 sangat penting, bahkan saking pentingnya posisi tersebut diyakini mengalahkan wali biologis (orangtua).

“Berdasarkan pengaduan yang mengalir ke MUI, ada pengaduan dari mantan NII, keluarga korban NII, terutama yang anaknya hilang, bahkan ada yang sudah ditemukan sudah menikah,” kata Din.

Sementara itu, pada Kamis kemarin, peneliti Sidney Jones menuturkan, NII memiliki banyak faksi yang tujuannya berbeda.

“Tidak ada satu NII, ada banyak. Kalau di media ada berita anak-anak kena cuci otak, cari uang dan sebagainya, semua peristiwa itu dikaitkan ke KW 9 yang dipimpin Panji Gumilang. Kalau Pepi yang katanya direkrut oleh NII, tidak ada hubungan dengan KW 9,” kata Sidney.

Menurut Sidney, NII KW 9 pimpinan Panji Gumilang alias Abu Toto tidak bergerak di bidang terorisme, tetapi melakukan penipuan untuk mengumpulkan dana. Apalagi NII KW 9 juga dianggap sedang mengalami kesulitan finansial.

Sedangkan eks KaBIN Hendropriyono yang memiliki hubungan cukup dekat dengan Panji Gumilang menyebutkan, belum ditemukan fakta hingga saat ini hubungan Al Zaytun dengan NII KW 9. “Al Zaytun itu pesantren dengan nuansa pendidikan, tidak ada politik. Yang datang itu sejak Presiden Soeharto, BJ Habibie dan Presiden Megawati yang diwakilkan oleh saya. Jangan menuduh (Al Zaytun terkait NII KW 9), lebih baik diusut saja,” katanya hari ini.

++++++++++++++++++++++++++++++++++
Jumat, 29/04/2011 20:45 WIB
Panji Gumilang: Nasib NII Sama dengan PKI, Sudah Tamat
Hery Winarno – detikNews

+++++++++++++++++++++++++
Jumat, 29/04/2011 21:36 WIB
Panji Gumilang: Saya Bukan Abu Toto Pimpinan NII KW 9
Hery Winarno – detikNews

Jakarta – Panji Gumilang menyangkal dirinya sebagai pimpinan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW 9). Pimpinan Ponpes Al Zaytun ini tegas-tegas membantah dirinya sebagai Abu Toto yang disebut sebagai petinggi NII KW 9.

“Ya katanya saya ini dia, Abu Toto. Tapi tidak! Nama saya Abu Salam Rashidi Panji Gumilang,” kata Panji saat ditemui beberapa wartawan di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (29/4/2011).

Panji pun mengaku tidak kenal dan tidak tahu menahu tentang Abu Toto yang kerap disebut-sebut publik itu. “Saya tidak kenal Abu Toto, walaupun nama saya kadang disebut-sebut sebagai dia,” imbuhnya.

Sebelumnya mantan pentolan Darul Islam/NII Al Chaidar yang juga penulis buku ‘Sepak Terjang KW 9 Abu Toto Syekh A.S. Panji Gumilang Menyelewengkan NKA-NII Pasca S.M. Kartosoewirjo’ yakin Panji Gumilang adalah Abu Toto.

Abu Toto ini menurut Al Chaidar mendapat perlindungan dari oknum-oknum intelijen.

(ndr/asy)

Jakarta – Panji Gumilang, pemimpin pondok pesantren Al Zaytun menolak dikait-kaitkan dengan NII. Dia menegaskan, NII sudah tidak ada lagi, nasibnya sama seperti PKI, sudah selesai.

“Yang namanya NII itu sudah tamat, sudah selesai, sejarah mencatat sejak tahun 1962 NII sudah tidak ada. Sama dengan PKI nasibnya,” kata Panji saat ditemui beberapa wartawan di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (29/4/2011).

Panji Gumilang pun heran, kenapa dirinya kerap dikait-kaitkan dengan NII. Padahal seperti dia tegaskan sebelumnya, NII sudah selesai.

“Jadi sekarang sudah tidak ada lagi cerita tentang NII,” imbuhnya.

Cerita Panji ini berbeda tentang NII disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyebut pemimpin Negara Islam Indonesia (NII) KW 9 adalah juga merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jabar. Din juga menyebut wali ideologis di NII KW 9 sangat dipatuhi daripada wali biologis.

“Menurut pengakuan mantan NII KW 9, pemimpinnya adalah pemimpin Al-Zaytun,” ujar Din Syamsuddin di kantor PP Muhammadiyah, Jl Cikini raya, Jakarta Pusat, Jumat (29/4).

Din tidak menyebut nama pimpinan Al Zaytun itu, tapi sudah bukan rahasia lagi pemimpin ponpes yang sering dikunjungi pejabat negara itu adalah Abdussalam alias Panji Gumilang.

Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

%d bloggers like this: