Agus Surya Bakti

Perwira  TNI,  Deputi bidang pencegahan BNPT

 

 

+++++++++++++++++++

Inilah Sosok Calon Suami Bella Saphira
 
www.inilah.comonFollow on Google+
 

 

 

2

 
 
Headline
Mayjen Agus Surya Bakti – (Foto : istimewa)
 
Oleh: Indah Winarso
artis – Minggu, 11 Agustus 2013 | 19:09 WIB
 
 
Berita Terkait
 

MEDICALERA.COM, Jakarta – Ketika artis Bella Saphira menjadi mualaf, santer beredar kabar bahwa ia akan segera dinikahi oleh Mayjen Agus Surya Bakti. Siapakah sebenarnya sosok jenderal ini?

Mayor Jenderal Agus Surya Bakti adalah lulusan Akmil Magelang 1984. Ia tak banyak dikenal atau muncul di media lantaran tugasnya sering di lingkungan intelijen.

Di angkatannya, karir Agus cepat melesat meninggalkan teman-temannya sejak operasi penangkapan Xanana Gusmao (PM Timor Leste sekarang) di rumah anggota polisi, Augusto Parera oleh Tim Kolakops Timor Timur di bawah Brigjen TNI (waktu itu) Theo Syafei pada November 1992.

Saat itu Agus adalah anggota Tim Kolakops. Setelah penangkapan itu, Agus yang berpangkat Kapten mendapat penghargaan KPLB yaitu Kenaikan Pangkat Luar Biasa menjadi Mayor.

Setelah itu dia banyak dipercaya untuk tugas-tugas khusus terutama intelijen di daerah operasi, misalnya Aceh, Timor Timur (sekarang Timor Leste) dll. Sekitar 11 tugas satuan tugas (satgas) pernah diembannya.

Di mata anak buahnya dia adalah sosok yang berkomitmen. “Kalau sudah commited pada sesuatu beliau akan memegangnya sampai kapanpun,” kata mantan anak buahnya di Kopassus. Agus memang banyak menghabiskan masa tugasnya di kesatuan baret merah.

Di mata warga eks Timor Timur, Agus adalah sosok yang santun dan bisa merangkul banyak pihak. “Ya dia menghargai kami, juga teman-teman yang memilih tinggal di Timor Leste. Dia melihat kami dengan mata hati,” kata Martinho yang kini tinggal di Denpasar.

“Jadi mungkin jika Bella mencari sosok kebapakan pada diri pak Agus, itu gak salah karena dia mengayomi,” kata Martinho yang dihubungi Inilah.com Minggu (11/8/2013).

Istri Agus, Mila meninggal sekitar lima tahun lalu karena kanker paru-paru dan meninggalkan dua anak bernama Nando (sudah kuliah) dan Nunet (kelas 3 SD). Agus bersama dua anaknya tinggal di rumah mereka yang tidak mewah di daerah Cijantung.

Kini dia menjabat Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sejak 2011.

Tugasnya banyak memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bahaya dan upaya perlindungan masyarakat pada terorisme. Ia merangkul banyak pihak, mulai dari Para ulama, pelajar, pengajar, masyarakat umum, media dan tokoh daerah.

 

Biodata:

• Tempat tanggal lahir : Stabat Sumut, 17 Agust 1961

• Jabatan terakhir : Deputi bidang pencegahan BNPT

• Akabri lulusan : 1984

 

Karir:

• Asintel Kopassus

• Komandan Grup 3 Sandi Yudha Kopassus

• Asintel Kodam Iskandar Muda

• Komandan Pusdik Intel Kodiklat TNI Angkatan Darat

• BAIS TNI

• Komandan Korem 152/Babullah Patimura

• Wakil Asisten teritorial KASAD

• Deputi I BNPT [mor]

 

About these ads

One Comment

  1. letjen
    Posted September 20, 2013 at 9:30 pm | Permalink

    bro ada email ga ?


Post a Comment

Required fields are marked *

*
*

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: